Gang Hijau Pelita 8 Johar Baru akan Jadi Percontohan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat, hari ini meninjau lokasi Gang Hijau Pelita 8, Musala Al Ikhlas, RT 01/06, Johar Baru.

Gang Hijau Pelita 8 menjadi satu dari empat lokasi gang hijau yang ditinjau hari ini. Tiga lokasi lainnya masing-masing berada di RW 03 Petojo Utara, RW 01 Cikini, dan RW 03 Cempaka Putih Timur.

"Dalam peninjauan ini juga ada mahasiswa UI yang melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh gang hijau terhadap suhu, kelembaban dan intensitas matahari," ujar Burhani, Koordinator Penyuluh Pertanian Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat

Kasatpel KPKP Kecamatan Johar Baru, Ajat Sudrajat menjelaskan, Gang Hijau Pelita 8 ini merupakan gang hijau percontohan di Johar Baru dari anggaran tahun 2018. Rencananya tahun ini lokasi gang hijau akan ditambah di RT 02 dan 03, RW 06.

"Dari anggaran tahun 2018 kita sudah punya tujuh lokasi gang hijau. Yang aktif dan bagus untuk percontohan ada empat lokasi," ungkapnya.

Pengelola Gang Hijau Pelita 8 Mushola Al Ikhlas, Wirman (56) menambahkan, gang hijau ini sudah dibuat sejak setahun yang lalu dan dikelola warga sekitar. Beragam tanaman ditanam di gang hijau ini seperti kangkung, bayam, cabai, tanaman obat keluarga (Toga), pakcoy dan lain-lain.

"Kita sedang menggerakkan masyarakat untuk berperan lebih aktif lagi. Rencananya kita mau membuat kelompok tani," tandasnya.